Website Paralayang Jawa Timur

Sejarah Paralayang di dunia

http://www.circlinghawk.com/history.html

Paralayang di Indonesia

Di Indonesia sendiri baru dikenal di awal tahun 1990. Munculnya jenis olah raga ini ditandai dengan terbentuknya Kelompok Mega Raya Paralayang Indonesia (MERAPI) di Yogyakarta. Pencetusnya adalah (Alm) Dudy Arief Wahyudi dan Gendon Subandono. Melalui majalah dan belajar mandiri, kedua orang tersebut menjadikan bukit-bukit pasir di Parangtritis sebagai tempat latihan awal olahraga ini. Pada tahun ini, penulis David A. Teak mulai merasakan nikmatnya terbang dengan menggunakan parasut tipe Drakkar produksi Parachute de France tahun 1987. Di tahun 1991, Ferry Maskun, Daweris Taher, Bismo dan Wien Suharjo menambahkan jajaran nama di komunitas tersebut.

Dulu, olah raga ini disebut Terjun Gunung namun diubah menjadi paralayang. Peresmian ini dilakukan di Gunung Haruman saat berlangsunya Eksebisi Layang Gantung dan Paragliding pada tanggal 22-23 Mei oleh Klub Gantolle Bandung.

Di Indonesia, olah raga terjun bebas jenis ini berada di bawah naungan Pordirga Layang Gantung Indonesia (PLGI), sementara PLGI sendiri berada di bawah FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Sementara untuk skala internasional, olahraga ini berada di bawah Commission Internationale du Vol Libre (CIVL) di bawah naungan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

Wilayah Indonesia yang berbukit dan memiliki banyak pegunungan tinggi sangat potensial untuk perkembangan olahraga yang satu ini. Tinggal memilih lokasi yang menarik dan menantang, serta berlisensi FASI, Anda akan disuguhkan pengalaman yang tak terlupakan.

 

Close Menu